RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidika : SD
Kelas / Semester : II / 2
Tema / Subtema/PB : Keselamatan di Rumah dan Perjalanan / Aturan Keselamatan di Rumah / 5
Alokasi Waktu : 1 x 35 @JP
A. Kompotensi Inti
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
PPKn | ||||
Kompetensi Dasar |
|
|
| |
1.2 | Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah. | |||
2.3 | Menunjukkan perilaku toleran terhadap keberagaman karakteristik individu, dalam kehidupan beragama, suku, fisik, dan psikis di rumah dan di sekolah | |||
3.2 | Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah. | |||
4.2 | Melaksanakan tata tertib dan aturan di lingkungan keluarga dan sekolah | |||
Indikator | ||||
3.2.1 | Menyebutkan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah. | |||
4.2.1 | Menunjukkan sikap melaksanakan aturan di lingkungan rumah. | |||
|
| |||
Bahasa Indonesia | ||||
Kompetensi Dasar |
|
|
| |
1.2 | Menerima keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan hewan dan tumbuhan. | |||
2.3 | Memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab terhadap keberadaan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah. | |||
3.5 | Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman. | |||
4.5 | Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian. | |||
Indikator |
| |||
3.5.5 | Menyimpulkan isi teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga yang telah dibaca. | |||
4.5.2 | Menulis teks permintaan maaf sederhana tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga. | |||
PJOK |
|
|
| |
Kompetensi Dasar |
|
|
| |
1.1 | Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan. | |||
2.2 | Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran. | |||
3.10 | Mengetahui apa yang dilakukan dan dihindari sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik. | |||
4.10 | Menceritakan tentang apa yang dilakukan dan dihindari sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik. | |||
Indikator |
|
|
| |
3.10.1 | Mengidentifikasi berbagai kegiatan yang sering dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik. | |||
3.10.5 | Mengelompokkan kegiatan yang perlu dihindari sebelum melakukan aktivitas fisik. | |||
4.10.2 | Menceritakan kegiatan yang perlu dihindari sebelum melakukan aktivitas fisik. | |||
C. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan aturan yang berlaku dalam sehari-hari di rumah dengan bahasa yang santun.
2. Dengan mengisi tabel skala sikap, siswa dapat menunjukkan sikap melaksanakan aturan di lingkungan rumah dengan jujur.
3. Dengan tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi berbagai kegiatan yang sering dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik dengan teliti.
4. Dengan membaca teks tentang penjelasan Edo, siswa dapat mengelompokkan kegiatan yang perlu dihindari sebelum melakukan aktivitas fisik dengan teliti.
5. Dengan penugasan, siswa dapat menceritakan kegiatan yang perlu dihindari sebelum melakukan aktivitas fisik dengan bahasa yang santun.
6. Dengan membaca teks percakapan Ibu dan Edo, siswa dapat menyimpulkan isi teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga yang telah dibaca dengan bahasa yang santun.
7. Dengan penugasan, siswa dapat menulis teks permintaan maaf sederhana tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dengan tanggung jawab.
8. Dengan mengamati gambar bunga-bunga di dalam pot, siswa dapat menyebutkan kegunaan benda dengan bahasa yang santun.
9. Dengan penugasan guru, siswa dapat menentukan kegunaan masing-masing benda dengan teliti.
D. Materi Pelajaran
- Permainan kasti.
- Kegiatan yang dilakukan sebelum bermain kasti
- Mengelompokan kegiatan yang dilakukan sebelum beraktivitas
- Teks Permintaan Maaf
- Kegunaan benda disekitar kita.
E. Metode Pelajaran
- Metode : Ceramah, demontrasi, diskusi, tanya jawab, ceramah
- Pendekatan : Sainsitik ( mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan)
F. Media, Alat dan Sumber Bahan
- Media : Gamabar orang sedang bermain kasti
- Alat
- Sumber bahan : Buku Tematik Kelas II “ Aturan Keselamatan di Rumah” Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas II hal 26 – 30
G. Langkah-Langkah Pembelajaran
KEGIATAN | DESKRIPSI KEGIATAN | ALOKASI WAKTU |
Kegiatan Pembuka | 1. Guru memberi salam dan mengajak siswa berdoa. 2. Guru mengecek kehadiran siswa (melakukan presensi). 3. Siswa diminta mengamati gambar Udin dan teman-temannya seang melakukan pemanasan. 4. Guru menyampaikan tema, sub tema dan tujuan pembelajaran yaitu kegiatan yang akan dilakukan sebelum melakukan aktivitas, kegiatan yang dihindari dan membaca artikel. 5. Siswa diberi pertanyaan penggiring Hari ini kita akan mempelajari kegiatan yang akan dilakukan sebelum melakukan aktifitas . Gambar apa ini … (guru memasang gambar anak sedang melakukan pemanasan di papan tulis) | 5 menit |
Kegiatan Inti
| 1. Guru menampilkan gambar dan membagi siswa dalam 6 kelompok (terdiri dari 3 sampai 4 siswa) . 2. Siswa diberi penjelasan untuk mengajukan pertanyaan berdasarkan gambar dengan menggunakan kata tanya apa, siapa, mengapa, kapan dan di mana. 3. Masing-masing kelompok membuat kalimat pertanyaan kemudian saling bertukar pertanyaan. Kelompok 1 menjawab pertanyaan kelompok 2 dan sebaliknya. 4. Siswa bertanya jawab aturan bermain yang baik. 5. Siswa mengisi tabel dengan memberi tanda cek list sikap yang biasa dilakukan. 6. Siswa mengidentifikasikan kegiatan yang boleh dilakukan dan yang dihindari sebelum melakukan aktivitas. 7. Siswa membaca artikel/teks percakapan cara meminta maaf pada ibu. 8. Siswa meringkas isi kesimpulan dari percakapan di atas dengan kalimat sendiri. 9. Siswa memberi pendapat tentang isi bacaan dan hal baik yang dapat dipelajari dari informasi yang diperoleh dari teks bacaan. 10. Siswa menjelaskan manfaat dan kegunaan benda-benda di sekitar rumah. | 25 menit |
Kegiatan Penutup | 1. Bersama-sama siswa membuat kesimpulan hasil belajar. 2. Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari. 3. Melakukan penilaian hasil belajar. 4. Mengajak semua siswa bersama berdoa untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran.
| 5 menit |
H. Penilaian
1. Teknik penilaian
a. Penilaian Sikap : Rasa ingin tahu, percaya diri, peduli terhadap lingkungan.
b. Penilaian Pengetahuan : Tes tertulis
c. Penilaian Ketrampilan : Praktek
2. Bentuk Instrumen Penilaian
a. Penilaian Sikap
Berilah tanda centang (√) pada kolom yang sesuai.
No | Nama Siswa | Perubahan Tingkah laku | |||||||||||||||
Jujur | Teliti | Santun | Bertanggungn Jawab | ||||||||||||||
BT | MT | MB | SM | BT | MT | MB | SM | BT | MT | MB | SM | BT | MT | MB | SM | ||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Penilaian Pengetahuan
Tes Tertulis dengan daftar periksa
Penilaian mengajukan pertanyaan dengan Daftar Periksa
No | Kriteria | Pencapaian | |
1 | Mampu mengajukan pertanyaan sesuai gambar dengan bahasa sendiri | Ya | Tidak |
2 | Mampu menjawab pertanyaan teman dengan benar |
|
|
Hasil Penilaian Mengajukan Pertanyaan dengan Daftar Periksa
No | Nama Siswa | Kriteria 1 | Kriteria 2 | ||
Tercapai (√) | Tidak (√) | Tercapai (√) | Tidak (√) | ||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Keterampilan
v Menceritakan Kegiatan yang Perlu Dihindari Sebelum Melakukan Aktivitas Fisik
No | Kriteria | Baik | Baik Sekali | Cukup | Perlu Bimbingan |
1 | 2 | 3 | 4 | ||
1 | Kemampuan Bercerita | Siswa bercerita dengan lancer | Setengah bagian cerita disampaikan dengan lancar | Kurang dari setengah bagian cerita disampaikan dengan lancar | Belum mampu bercerita |
2 | Volume Suara | Terdengar sampai seluruh ruang kelas | Terdengar sampai setengah ruang kelas | Terdengar hanya bagian depan ruang kelas | Suara sangat pelan atau tidak terdengar |
v Menulis Teks Permintaan Maaf
No | Kriteria | Baik Sekali | Baik | Cukup | Perlu Bimbingan |
1 | Kesesuaian isi dengan judul atau tema | Seluruh isi teks sesuai judul atau tema | Setengan atau lebih isi teks sesuai judul atau tema | Kurang dari setengah isi teks sesuai judul atau tema | Seluruh isi teks belum sesuai |
2 | Ketepatan ejaan | Seluruh teks menggunakan ejaan yang tepat | Setengah atau lebih teks menggunakan ejaan yang tepat | Kurang dari setengah teks menggunakan ejaan yang tepat | Seluruh teks belum menggunakan ejaan yang tepat |
Kepala Sekolah
Dra. MUSTOFIAH | Semarang, 15 Mei 2014 Guru Kelas II
MUDAKIR, S.Pd.SD |
Lembar Kerja Siswa
a. Buatlah pertanyaan yang menurutmu penting dari gambar di atas! Kemudian, tukarkan pertanyaanmu dengan pertanyaan temanmu! Jawab pertanyaan temanmu dengan benar! Dengan kata Apa, siapa, di mana, kapan, bagaimana.
Tabel
Coba kamu isi tabel di bawah dengan memberi tanda centang (√) secara jujur sesuai dengan sikap yang biasa kamu lakukan!
No | Kegiatan | Selalu | Jarang | Tidak Pernah |
1 | Menjauhkan benda-benda yang dapat membahayakan diri sebelum bermain | ............. | ............. | ............. |
2 | Menjaga benda-benda di sekitar ketika bermain | ............. | ............. | ............. |
3 | Membersihkan tempat bermain setelah bermain | ............. | ............. | ............. |
4 | Menyusun kembali benda-benda yang berserakan setelah bermain | ............. | ............. | ............. |
\
Bermain bola kasti ada aturannya.
Ada kegiatan yang boleh dilakukan sebelum bermain.
Ada juga kegiatan yang perlu dihindari.
Perhatikan gambar di bawah dengan teliti!
Nah, sekarang coba kamu ceritakan kegiatan yang
perlu dihindari lainnya sebelum melakukan aktivitas fisik!
Ceritakan dengan bahasa yang santun!
Ibu datang menghampiri.
Udin dan teman-teman meminta maaf kepada ibu.
Mereka mengaku telah berbuat salah.
Perhatikan teks percakapan di bawah!
Ibu : Mengapa pot bunga ibu bisa pecah, Nak?
Edo : Maaf Bu, bola kasti mengenainya! Kami tidak
sengaja Bu.
Ibu : Oh, begitu ya. Ya sudah, tidak apa-apa. Lain kali, bermain harus dengan hati-hati ya!
Beni : Iya, Bu!
Apa isi teks percakapan yang kamu baca?
Sekarang, tulislah sebuah teks permintaan maaf dengan bahasamu sendiri! Tuliskan pada kolom berikut!
(Srimuliani Handoyokusumo; Lolos PNS Guru di lingkungan Kemenag Berau)
BalasHapusBerawal dari keinginan kuat untuk mengikuti test tertulis CPNS yang dilaksanakan oleh PEMDA Berau dimana saya tinggal, saya pun ikut berpartisipasi mengkutinya. Namun sebenarnya bukan sekedar hanya berpartisipasi tapi terlebih saya memang berkeinginan untuk menjadi seorang PNS. Waktu pun terus berjalan, karena tertanggal 5 Desember 2013 yang lalu saya pun mengikuti Test CPNS yang diselenggarakan oleh PEMDA Berau dengan harapan yang maksimal yaitu menjadi seorang PNS. Kini tanggal 18 Desember 2013, pengumuman test kelulusan tertulis itu diumumkan. Dengan sedikit rasa was-was dan bercampur tidak karuan menyelimuti pikiranku. Rasa pesimisku memang timbul, karena pengumuman yang di informasikan adalah tertanggal 11 Desember 2013 namun di undur tanggal 18 Desember 2013. Dengan mengucapkan BISMILLAH, aku pun masuk ke halaman kantor BKD untuk melihat hasil pengumuman test tertulis CPNS. Dan Syukur Alhamdulillah saya pun LULUS diurutan ke 3 dari 1 formasi yang aku ikuti di Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Dan berikut peringkat screen shoot yang saya jepret menggunakan Ponsel kesayangku.
Puji Syukur tak henti-hentinya aku panjatkan ke Hadirat Allah SWT, atas rezeki yang diberikan kepadaku. Semua hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada :
1. ALLAH SWT; karena KepadaNya kita mengemis dan memohon.
2. Suami dan Anak [DikMa]; Dukungan Do’anya sangat berharga dalam pencapaian saat ini.
3. Orang Tua, Saudara-saudaraku; Tetap mensupport aku selama 3 bulan terakhir ini, terimakasih Mama, terima kasih Kakak Perempuan ku, terima kasih Kakak Laki-laki ku tak terlepas juga buat teman-temanku terimakasih semuanya.
4. Terimakasih untuk khususnya Bpk.IR.AGUS SUTIADI M.SI beliau selaku petinggi BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.anda ingin LULUS seperti saya silahkan anda hubungi nomor bpk IR.AGUS SUTIADI M.SI,0852-3687-2555.