Home » , » KI dan KD SBDp Kelas 2 SD Kurikulum 13

KI dan KD SBDp Kelas 2 SD Kurikulum 13

 

KOMPETENSI INTI

KOMPETENSI DASAR

1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

1.1 Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan

2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru

2.1 Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni

2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni

2.3 Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni

3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah,

3.1 Mengenal bahan dan alat serta fungsinya dalam membuat karya seni rupa

3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis

3.3 Memahami gerak sehari-hari dengan memperhatikan tempo gerak

3.4 Mengetahui cara mengolah bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai karya kreatif dan olahan makanan

3.5 Memahami budaya dan bahasa daerah di tempat tinggalnya

3.6 Mengenal karya seni budaya tak benda dan bahasa daerah setempat

4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, bentuk dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar

4.2 Membuat karya seni mozaik sederhana dengan dengan menggunakan bahan alam

4.3 Menggambar imajinatif dengan memanfaatkan beragam media

4.4 Membentuk karya relif dari bahan lunak

4.5 Menyanyikan lagu anak-anak dengan pola irama yang bervariasi

4.6 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama empat

4.7 Menyanyikan lagu anak-anak sederhana dengan membuat kata-kata sendiri yang bermakna

4.8 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga

4.9 Menirukan gerak binatang dengan mengamati secara langsung atau dengan media rekam

4.10 Menirukan gerak binatang dengan mengamati secara langsung atau media rekam menggunakan tempo lambat, sedang, dan cepat

4.11 Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan dengan mengamati secara langsung atau dengan media rekam

4.12 Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan menggunakan tempo lambat, sedang, dan cepat sesuai dinamika gerak

4.13 Membuat karya kreatif sebagai penghias benda dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatah melipat, menggunting dan menempel

4.14 Membuat karya kreatif dengan mengolah bahan alam di lingkungan rumah melalui kegiatan melipat, menggunting, dan menempel

4.15 Membuat karya kreatif fungsional dari berbagai bahan dengan cara sederhana

4.16 Menyajikan olahan makanan dari buah dan sayuran di lingkungan sekitar

4.17 Menceritakan karya seni budaya tak benda dan bahasa daerah setempat

0 komentar:

Poskan Komentar