Home » » contoh rpp Kelas 2 SD Tema Hidup Rukun

contoh rpp Kelas 2 SD Tema Hidup Rukun

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Nama Sekolah                                   : SDN 2

Kelas/Semester                               : 2 / 1

Tema                                                     : 1 / Hidup Rukun

Sub Tema                                            : 1/ Hidup Rukun di Rumah

Pembelajaran                                   : 2 ( satu )

Alokasi Waktu                                  : 1 hari

Hari,Tanggal                                      : Selasa,15-7- 2014

 

A.      KOMPETENSI INTI (KI)

 

KI 1

:

Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

KI 2

:

Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.

KI 3

:

Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

KI 4

:

Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

 

B.      KOMPETENSI DASAR & INDIKATOR

KI

KD

INDIKATOR

PPKn

3

 

 

 

4

 

3.3  Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di

sekolah.

 

4.3  Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.

3.3.2  Menyebutkkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran/hobi.

 

4.3.2  Menceritakan kebersamaan keluarga dengan anggota keluarga yang berbeda kegemaran/hobi

Bahasa Indonesia

 

3

 

 

 

 

 

 

 

4

 

3.3  Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.

 

4.3  Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

 

 

3.3.3 Mengelompokkan berbagai kegiatan berdasarkan peran masing-masing anggota keluarga.

3.3.4 Mencatat peran masingmasing anggota keluarga.

 

 

 

4.3.2 Membacakan teks buku harian kegiatan keluarga yang telah ditulis.

4.3.3 Menyimpulkan isi teks buku harian yang telah ditulis.

 

Matematika

3

 

 

 

 

 

 

 

 

4

3.1  Mengenal bilangan asli sampai

500 dengan menggunakan

blok dienes (kubus satuan).

 

 

 

 

 

 

4.1  Memprediksi pola-pola

bilangan sederhana

menggunakan bilanganbilangan yang kurang dari 100

3.1.2  Menyebutkan banyak benda

dengan menggunakan blok

dienes (kubus satuan).

3.1.3  Membaca lambang bilangan

sampai 500.

3.1.8  Membilang loncat.

3.1.10 Membilang loncat dua.

3.1.11 Membilang loncat tiga.

 

4.1.1  Menentukan pola-pola

bilangan sederhana

menggunakan bilangan

kurang dari 100.

4.1.2 Membuat pola-pola

bilangan sederhana dengan

menggunakan bilangan

kurang 100

 

C.      TUJUAN PEMBELAJARAN

1.         Dengan membaca teks tentang kegemaran, siswa dapat menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran/hobi dengan percaya diri.

2.         Dengan mengamati gambar operasi hitung menggunakan kubus satuan, siswa dapat menyebutkan banyak benda sesuai gambar yang diamati dengan teliti.

3.         Dengan mengamati contoh dan tabel cara membaca lambang bilangan, siswa dapat membaca lambang bilangan sampai 500 dengan teliti.

4.         Dengan bimbingan guru, siswa dapat membilang loncat dengan teliti.

5.         Dengan mengamati barisan bilangan, siswa dapat menentukan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100 dengan teliti.

6.         Dengan mengamati barisan bilangan, siswa dapat membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang 100 dengan teliti.

7.         Dengan kegiatan bertanya dan mengamati contoh cerita tentang kegemaran, siswa dapat menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda kegemaran/hobi dengan bahasa santun dan percaya diri.

8.         Dengan mengamati gambar dan membaca teks tentang kegiatan di dalam keluarga, siswa dapat mengelompok berbagai kegiatan berdasarkan peran masing-masing anggota keluarga dengan teliti.

9.         Setelah membaca teks tentang kegiatan di dalam keluarga, siswa dapat mencatat peran masing-masing anggota keluarga dengan teliti.

10.     Dengan bimbingan guru, siswa dapat menulis buku harian tentang kegiatan hari ini dengan teliti.

11.     Dengan menggunakan teks buku harian yang telah ditulis, siswa dapat membaca teks buku harian kegiatan keluarga dengan teliti dan percaya diri.Buku Guru Kelas 2 SD/MI

12.     Dengan menjawab pertanyaan dan mengamati contoh membuat kesimpulan teks buku harian, siswa dapat menyimpulkan isi teks buku harian yang telah ditulis dengan teliti.

 

D.      MATERI PEMBELAJARAN (RINCIAN DARI MATERI POKOK)

1.         PPKN                                                   : Mengenal kegemaran anggota keluarga yang lain dan menceritakan kebersamaan  

2.         Bahasa Indonesia           : Membaca narasi tentang kerukunan bersama anggota keluarga

3.         Matematika                      : Menghitung jumlah kubus satuan, membilang ratusan, dan mengenal pola bilangan

E.       METODE PEMBELAJARAN (RINCIAN DARI KEGIATAN PEMBELAJARAN)

1.         Pendekatan      : Saintifik 

2.         Model                 : 

3.         Metode              :

 

F.       MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN

Media                         : • Gambar operasi hitung menggunakan kubus satuan.

                                        • Tabel cara membaca lambang bilangan.

                                        • Gambar sisi halaman buku yang berkaitan dengan barisan bilangan.

                                        • Gambar kegiatan Udin dan Mutiara yang saling membantu.

                                        • Sliede show power point

                                     

Alat/Bahan              : LCD proyektor, laptop

Sumber Belajar      :  Buku siswa dan buku guru Tema 1 halaman 1-12

                                    

G.     LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

 

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

1.       Mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)

2.       Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa

3.       Menginformasikan Tema yang akan diajarkan yaitu tentang ‘Hidup Rukun’ , subtema " Hidup Rukun di Rumah".

4.       Menginformasikan tentang cara penilaian.

5.       Menginformasikan tujuan, manfaat pembelajaran untuk siswa sendiri dan orang lain serta kompetensi yang akan diperoleh siswa.

6.       Menginformasikan tahapan pelaksanaan pembelajaran yang akan dilakukan pada hari ini dan penilaian yang akan dilaksanakan.

15 menit

Kegiatan Inti

1.       Siswa membaca teks tentang kegemaran (mengamati).

2.       Siswa menyebutkan berbagai kegemaran/hobi berdasarkan teks yang telah dibaca (mengomunikasikan).

3.       Siswa menyebutkan kegemaran/hobi anggota keluarganya (mengomunikasikan).

4.       Siswa mengamati gambar cara menghitung benda dengan menggunakan kubus satuan (mengamati).

5.       Siswa menyebutkan banyak benda sesuai gambar yang diamati (mengomunikasikan).

6.       Siswa mengamati contoh dan tabel cara membaca lambang bilangan (mengamati).

7.       Siswa membaca lambang bilangan berdasarkan tabel. (mengamati).

8.       Siswa membaca lambang bilangan dari beberapa bilangan yang dikemukakan guru (mengomunikasikan).

9.       Siswa mengamati gambar yang berkaitan dengan barisan bilangan (mengamati).

10.   Siswa dan guru melakukan tanya jawab terkait gambar yang diamati (menanya).

11.   Siswa mengamati barisan bilangan berdasarkan gambar (mangamati).

12.   Siswa menyebutkan pola bilangan dari barisan bilangan yang telah diamati (menalar).

13.   Siswa dibimbing membuat barisan bilangan dengan pola +2 (mengamati).

14.   Siswa berlatih mengisi bagian yang kosong pada barisan bilangan dengan pola +2 (menalar).

15.   Siswa membaca contoh cerita tentang kegemaran (mengamati).

16.   Siswa bercerita kepada teman tentang cara menjaga kebersamaan dalam keluarga yang berbeda kegemaran (mengomunikasikan).

17.   Siswa mengamati gambar dan membaca teks tentang kegiatan dalam keluarga (mengamati).

18.   Siswa mengelompok berbagai kegiatan berdasarkan peran masing-masing anggota keluarga (menalar).

19.   Siswa mencatat peran masing-masing anggota keluarga (menalar).

20.   Siswa menulis teks buku harian tentang kegiatan hari ini (mencoba).

21.   Siswa membaca teks yang telah ditulis pada buku harian dengan teliti (mengomunikasikan).

22.   Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan teks buku harian yang telah ditulis (menalar).

23.   Siswa mengamati contoh membuat kesimpulan dari teks buku harian (mengamati).

24.   Siswa menyimpulkan isi teks buku harian yang telah ditulis (mengomunikasikan).

110 menit

Kegiatan Penutup

1.       Siswa mereview macam-macam perilaku hidup rukun di rumah.

2.       Siswa diberi kesempatan bertanya tentang materi yang telah dipelajari pada hari ini.

3.       Tanya jawab tentang perasaan hari ini

4.       Siswa menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini.

5.       Guru menyampaikan materi untuk pertemuan berikutnya.

6.       Mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)                      

15 menit

 

H.     PENILAIAN

1.     Teknik penilaian

a.       Penilaian sikap          : Observasi

b.      Unjuk kerja                                : Ketrampilan menyatakan pertanyaan, menjawab pertanyaan, memperagakan gerakan, dan menulis cerita              

c.       Pengetahuan             :  Tes Lisan dan Tertulis

 

a.       Penilaian sikap.

Rubrik Penilaian Sikap membaca lambang bilangan dengan teliti

 

Kriteria

Baik sekali/

4

Baik/

3

Cukup/

2

Perlu bimbingan/1

1

Kemampuan membaca lambang bilangan

Membaca dengan tepat dan lancar.

 

Membaca dengan tepat, tetapi kurang lancar.

 

Pembacaan

kurang tepat.

 

Belum mampu

membaca.

 

b.      Pengetahuan

Matematika


 

Pedoman pensekoran Matematika 2

No Soal

Skor

1

2

2

2

3

2

4

2

5

2

Total

10

 

Bahasa Indonesia

1.       Sebutkan hobi/kegemaran yang dimiliki oleh salah satu anggota keluargamu!

2.       Apakah isi cerita pada buku harianmu itu?

3.       Siapa yang kamu ceritakan dalam buku harian itu?

4.       Kapan kegiatan atau peristiwa itu terjadi?

 

Pedoman pensekoran Bahasa Indonesia

No Soal

Skor

1

2

2

2

3

2

4

2

Total

8

 

c.       Keterampilan

 

2.

 

 


 

Lampiran

 

 

 

 

 

 

, 15 Juli 2014

Kepala Sekolah

 

 

 

 

 

 

Guru Kelas II

 

 

 

 

 

 

 

0 komentar:

Posting Komentar